Selamat datang di DKM AL FATAH-ONLINE Sadeng Kaum Blogger - Welcome to DKM AL FATAH - ONLINE Sadeng Kaum Blogger .... Kirim Artikel Anda yang bernuansa Islami, kritik dan saran Anda ke email : dkmalfatah.online@gmail.com kami akan muat ... !!!!
DKM AL FATAH ONLINE SADENG KAUM: Langkah-langkah Mengatasi Varises Pada Kaki

LISTEN TO ALQUR'AN ONLINE

Listen to Quran

Jumat, 12 April 2013

Langkah-langkah Mengatasi Varises Pada Kaki

Oleh | Yahoo! SHE – 15 jam yang lalu 

Tanya:
Kaki saya sering bengkak, baik jari maupun telapak kaki. Jadinya mengganggu kalau saya jalan. Kalau kecapekan juga bengkak, dok. Setelah bangun tidur bengkaknya jadi lebih besar. Kira-kira sakit apa ya, Dok? Apa yang harus saya lakukan?
Rosita, 18 tahun

Jawab:
Dear Rosita,

Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan besar berasal dari adanya gangguan pembuluh darah balik (vena) pada area betis dan sekitar kaki. Kondisi ini secara umum dikenal sebagai “varicose vein” atau “varises” pada kaki.

Varises biasanya dipicu oleh kegiatan seperti berdiri dalam jangka waktu yang lama atau kondisi tubuh yang diam tidak bergerak dalam posisi kaki lebih rendah dari badan dalam jangka waktu yang lama (termasuk waktu tidur).

Untuk mengobati kondisi ini, sebaiknya Anda memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter. Lebih dianjurkan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah atau spseialis bedah vaskuler. Dengan demikian, dapat ditentukan apakah benar atau tidak kondisi tersebut disebabkan oleh varises.

Bila benar akibat varises, ada berbagai macam pilihan terapi untuk menanganinya. Terapi yang pertama kali dicoba biasanya adalah dengan pemakaian stocking khusus varises disertai dengan aktif berolahraga ringan seperti berjalan kaki selama 30-40 menit atau jogging selama 20-30 menit setiap hari.

Penderita varises juga disarankan untuk menghindari berdiri diam dalam waktu yang lama. Bila terdapat kelebihan berat badan, maka juga disarankan untuk menurunkan kelebihan berat badan tersebut.

dr. Janfrional                  Bila cara di atas tidak membantu, maka penyuntikan zat (obat) ke dalam pembuluh darah yang mengalami varises dapat dilakukan oleh dokter. Pilihan  terapi terakhir adalah dengan terapi operasi. Hal ini biasanya digunakan untuk kondisi varises berat pada kaki.

Semoga membantu. Terima kasih.

dr. Janfrional
www.meetdoctor.com
IMG0132B.jpg
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Langkah-langkah Mengatasi Varises Pada Kaki. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: