Jumat, 24 Mei 2013

Agar Obat Nyamuk Tak Meracuni Kita Juga


Oleh | Yahoo! SHE – Rab, 1 Mei 2013 11:43 WIB 

Humans infect mosquitoes with dengue, when the mosquito bites human skinOleh: Erly Towoliu

Obat nyamuk memang efektif menghindarkan kita dari gigitan nyamuk. Namun jika obat nyamuk itu berbahaya bagi nyamuk, apakah tidah berbahaya juga bagi manusia?

Mari kita mulai dari lotion antinyamuk. Dokter Fachry Albram mengonfirmasi, obat nyamuk lotion memang belum tentu aman. Sangat tergantung dari komposisi kandungnya.

“Ada zat-zat yang bisa bikin penggunanya timbul alergi setelah memakai obat nyamuk lotion,” katanya. Akan tetapi, jika tidak ada zat yang bikin alergi dan membuat iritasi, maka bisa saja digunakan.

Menurut dr. Fachry, bau-bauan pada lotion antinyamuk membuat nyamuk tidak mau mendekat. “Jadi, obat nyamuk lotion tidak mengandung racun untuk nyamuk. Aromanya saja yang dibutuhkan untuk mengusir nyamuk,” jelasnya.

Kendati obat nyamuk lotion tidak mengandung racun, produk tersebut bisa berbahaya bagi tubuh penggunanya. Ini karena seluruh bahan kimia, baik berbentuk lotion, cairan, maupun krim akan terserap kulit dan masuk ke dalam pembuluh darah.

“Terjadinya penyerapan bahan kimia inilah yang membahayakan tubuh, kalau komposisi lotion tersebut mengandung bahan berbahaya,” ujar dr Fachry. Namun sepanjang tidak ada bahan yang mengiritasi dan membuat alergi, produk obat nyamuk lotion seharusnya aman digunakan setiap hari.

Jika dibandingkan obat nyamuk semprot atau obat nyamuk bakar, obat nyamuk lotion mungkin adalah pilihan yang lebih tepat. Sebab, produk obat nyamuk semprot dan bakar bisa berbahaya bila terhirup dan masuk paru-paru kita, terutama anak-anak.

Jika mempunyai anak masih dalam perkembangan, kata dr, Fachry, sebaiknya hindari penggunaan obat nyamuk semprot atau bakar. “Apabila terhirup anak, dapat menyebabkan iritasi saluran napas, alergi/asma, empysema (pengempisan paru-paru) sampai ke radang paru-paru (pneumonia),” tegasnya.

Agar aman menggunakan obat nyamuk, berikut kiat dari dr. Fachry:

- Oleskan obat nyamuk lotion di bagian yang biasa digigit nyamuk saja, seperti tangan dan kaki. Segera cuci bersih dengan air mengalir setelah pemakaian.

- Jangan oleskan obat nyamuk lotion di wajah, daerah kelamin, dada, atau perut.

- Untuk penggunaan obat nyamuk semprot, sebaiknya tidak langsung masuk kamar setelah disemprot. Tunggu sekitar 15 menit setelah penyemprotan, barulah masuk kamar.

- Obat nyamuk bakar sebaiknya tidak dinyalakan saat kita tidur lelap. Karena pada saat tidur lelap, paru-paru kita butuh banyak oksigen untuk kebutuhan tubuh.
- Khusus kamar anak-anak sebaiknya hindari penggunaan obat nyamuk semprot apalagi obat nyamuk bakar.

Ketimbang menggunakan produk yang berisiko, ada baiknya menjaga kebersihan lingkungan untuk mencegah banyaknya nyamuk. Berikut tips terbaik untuk menghindari nyamuk.

- Bersihkan kamar sesering mungkin.

- Berikan ventilasi yang baik pada kamar. Buka jendela saat pagi dan siang. Tutup jendela saat menjelang sore.

- Bersihkan genangan air di sekitar rumah, termasuk saluran air. Kuras bak mandi secara teratur. Tutup seluruh wadah/kaleng di lingkungan rumah yang berpotensi menjadi tempat genangan air.

- Gunakan kelambu saat tidur, ini jauh lebih aman dan sehat.

Para ulama besar ini setia pada satu istri


Para ulama besar ini setia pada satu istriMERDEKA.COM. Baru-baru ini kembali muncul berita politisi dan ustaz menikah dengan lebih dari satu istri, atau lebih keren disebut poligami. Salah satunya politisi dan ustaz PKS. Ini diungkap Yusuf Supendi, Bekas Wakil Ketua Dewan Syariah Pusat DPP PKS. Menurut dia, setidaknya ada 17 politisi partai dakwah itu telah berpoligami.

Poligami sebenarnya tidak hanya dilakukan politisi PKS. Masih ada banyak ustaz dan politisi beristri banyak. Di kalangan pendakwah, sebut saja nama pedangdut sekaligus pendakwah Rhoma Irama. Dia dikabarkan memiliki lebih dari satu istri. Berikutnya nama dai Abdullah Gymnastiar dan Ustaz Ahmad Al Habsyi.

Selama ini memang muncul silang pendapat soal poligami ini. Bagi sebagian muslim berdalih poligami itu sunnah karena dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalihnya adalah dengan menjiplak mentah-mentah perilaku nabi itu tanpa pertimbangan matang.

Beberapa lagi berpendapat hukum poligami itu jaiz (boleh). Dalilnya Al Quran surat An Nisa ayat 3: "Dan jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil terhadap (hak-hak) perempuan yang yatim (bilamana kamu mengawininya), Maka kawinilah wanita-wanita (lain) yang kamu senangi : dua, tiga atau empat."

Namun demikian, dalam surat itu Alloh juga mengingatkan: "Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat Berlaku adil, Maka (kawinilah) seorang saja, atau budak-budak yang kamu miliki. Yang demikian itu adalah lebih dekat kepada tidak berbuat aniaya."

Di Indonesia, sebenarnya banyak tokoh ulama terkenal sekaligus politisi yang diakui keilmuanya, namun tetap memilih tidak berpoligami. Sebut saja nama Profesor Doktor Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih akrab dipanggil Buya Hamka (Ulama sekaligus mantan Ketua Umum Muhammadiyah) ini setia dengan satu Istri, Sitti Raham.

Hamka dikenal karena kecerdasanya. Karya Hamka yang tersohor adalah Tafsir Al Azhar. Namun demikian, meski menyandang status ulama yang memungkinkan berpoligami, Hamka memilih menikahi satu istri.

Seperti dikutip dari buku Profesor Yunahar Ilyas berjudul: "Kesetaraan Gender dalam Al Qur’an", Buya Hamka menjelaskan bila seorang laki-laki beristri lebih dari satu akan dituntut bersikap adil, sekalipun berpoligami diizinkan dengan syarat amat ketat.

Pendapat Hamka didasarkan pada ujung ayat yang berbunyi: "Yang demikian itulah yang lebih memungkinkan kamu terhindar dari berlaku sewenang-wenang". Sewenang-wenang dia artikan bertindak menurut kehendak sendiri. Ini lebih celaka, apalagi bila kondisi ekonomi tidak memadai dan jumlah anak dari tiap istri banyak jumlahnya.

Dengan demikian Buya Hamka berpendapat pernikahan ideal tetaplah monogami. Namun poligami diizinkan sebagai bentuk solusi problem seksual dan sosial bagi masyarakat.

Selain Buya Hamka, ulama lama sekaligus politisi lama yang berkukuh setia pada satu istri adalah Agus Salim. Hingga meninggal dunia dia hanya setia dengan satu istri, yakni Zaenatun Nahar. Dari istrinya itu Agus Salim mendapat delapan anak. Padahal dengan kharisma dan kebesaran nama, Agus memungkinkan untuk menikah dengan lebih dari satu perempuan.

Selain dikenal sebagai ulama, Agus Salim juga dikenal sebagai pejuang kemerdekaan. Dia berperan sebagai salah satu anggota panitia 9 BPUPKI yang mempersiapkan UUD 1945. Dia juga dipercaya sebagai menteri muda luar negeri kabinet Sjahrir II dan III, serta menjabat sebagai menteri luar negeri pada kabinet Amir Sjarifuddin dan Hatta.

Berikutnya adalah Wahid Hasyim. Anak pendiri Organisasi Islam Nahdhatul Ulama (NU), Kiai Hasyim Asyari, ini merupakan ulama sekaligus tokoh perjuangan kemerdekaan RI. Wahid Hasyim juga pernah menjabat sebagai Menteri Agama pertama Indonesia. Sebagai Ulama, ketika itu nama Wahid Hasyim juga tersohor di kalangan umat Islam Indonesia.

Sebagai ulama, politisi, sekaligus pejabat pemerintahan, Wahid Hasyim memilih tidak berpoligami. Dia menikah dengan Solehah binti Bisri Syansuri. Dari satu istri itu dia dianugerahi enam anak, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Aisyah Hamid Baidlowi, Salahuddin Wahid atau Gus Sholah, Umar Wahid, Lily Chodijah Wahid dan terakhir Hasyim Wahid.

Menikahi satu istri atau monogami juga dilakukan Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, anak sulung Wahid Hasyim. Gus Dur, yang juga mantan Presiden RI itu menikahi Sinta Nuriyah. Selain sebagai politisi, Gus Dur juga dikenal sebagai ulama karena pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus Besar NU.

Dari hasil pernikahanya dengan Sinta, Gus Dur dianugerahi empat putri, yakni Alissa Qotrunnada, Zannuba Ariffah Chafsoh, Anita Hayatunnufus dan Inayah Wulandari. Jadi bagaimana, anda memilih meniru siapa?
Sumber: Merdeka.com

Soekarno akan menangis tahu kekayaan Papua habis dikeruk Amerika



Soekarno akan menangis tahu kekayaan Papua habis dikeruk AmerikaMERDEKA.COM. Presiden Soekarno tahu kapitalisme pertambangan akan menerkam Indonesia bulat-bulat. Maka sejak awal Soekarno tak mau ada pemodal asing berkuasa. Dia menolak saat para pengusaha Amerika Serikat hendak membuka usaha tambang di Papua.

Tahun 1961, Soekarno berpendapat baru 20 tahun kemudian pemerintah bisa mengeluarkan izin perusahaan tambang asing beroperasi. Berarti sekitar tahun 1981. Saat itu Soekarno yakin Indonesia sudah memiliki ahli-ahli pertambangan sendiri sehingga tak hanya jadi jongos, tetapi bisa menjadi rekan. Para pengusaha asing pun tak bisa mengeruk kekayaan alam seenaknya.

Menurut sejarawan Asvi Marwan Adam, Soekarno benar-benar ingin sumber daya alam Indonesia dikelola oleh anak bangsa sendiri. Asvi menuturkan sebuah arsip di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta mengungkapkan pada 15 Desember 1965 sebuah tim dipimpin oleh Chaerul Saleh di Istana Cipanas sedang membahas nasionalisasi perusahaan asing di Indonesia.

Soeharto yang mendukung pemodal asing, datang ke sana menumpang helikopter. Dia menyatakan kepada peserta rapat dia dan Angkatan Darat tidak setuju rencana nasionalisasi perusahaan asing itu.

"Soeharto sangat berani saat itu, Bung Karno juga tidak pernah memerintahkan seperti itu," kata Asvi saat dihubungi merdeka.com.

Dalam artikel berjudul JFK, Indonesia, CIA, and Freeport dterbitkan majalah Probe edisi Maret-April 1996, Lisa Pease menulis pada awal November 1965, Langbourne Williams, ketua dewan direktur Freeport, menghubungi direktur Freeport, Forbes Wilson.

Williams menanyakan apakah Freeport sudah siap melakukan eksploitasi di Papua. Wilson hampir tidak percaya mendengar pertanyaan itu. Dia berpikir Freeport akan sulit mendapatkan izin karena Soekarno masih berkuasa.

Kekuasaan Soekarno berakhir setelah peristiwa 30 September. Jenderal Soeharto memulai rezim baru. Setelah dilantik, Soeharto segera meneken pengesahan Undang-undang Penanaman Modal Asing pada 1967. Freepot menjadi perusahaan asing pertama yang kontraknya ditandatangani Soeharto.

Sejak itulah Freeport mengeruk kekayaan alam Papua.

Freeport Indonesia telah menjual 915.000 ons atau setara 28,6 ton emas dan 716 juta pon (358 ribu ton) tembaga dari tambang Grasberg di Papua. Hasil penjualan emas itu menyumbang 91 persen penjualan emas perusahaan induknya.

Berdasarkan laporan keuangan Freeport McMoran, total penjualan emas Freeport sebanyak 1,01 juta ons (31,6 ton) emas dan 3,6 miliar pon ( 1,8 juta ton) tembaga. Penjualan tembaga asal Indonesia menyumbang seperlima penjualan komoditas sejenis bagi perusahaan induknya.

Laba Freeport naik sekitar 16 persen pada kuartal keempat tahun lalu menjadi USD 743 juta (Rp 7,2 triliun). Total pendapatan juga meningkat menjadi USD 4,51 miliar dari USD 4,16 miliar pada periode sama tahun sebelumnya.

Ironisnya, Freeport hanya memberikan royalti satu persen dari hasil penjualan emas dan 3,75 persen masing-masing untuk tembaga dan perak. Kewajiban terbilang sangat rendah dibanding keuntungan diperoleh Freeport.

Kontrak Karya Freeport Indonesia di tambang Garsberg akan habis pada 2021. Freeport mendapat kesempatan memperpanjang kontrak dua kali 10 tahun setelah durasi kontrak pertama, 30 tahun, berakhir. Freeport mendapatkan hak kelola tambang di Mimika pada 1991. Akankah dengan renegoisasi Indonesia akan mendapat sesuatu yang lebih?

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik terang-terangan menyebut Freeport masih enggan membahas renegosiasi kontrak bagi hasil tambang. Pemerintah Indonesia seolah tak berkutik diatur Freeport.

"Renegosiasi itu sulit, diucapkan saja sulit, apalagi mengerjakan. Tapi kita berjalan terus dengan Freeport, Newmont, Vale, dan tambang-tambang lain," ujar Jero saat jumpa pers di kantornya, Rabu (22/5).

Hebatnya Freeport, mereka juga bisa menolak permintaan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang akan mengirim menteri ESDM dan menakertarns mengusut lokasi longsor tambang yang menewaskan 28 pekerja. Entah kenapa SBY menurut saja ketika Freeport menolak dua pejabat itu.

"Semula menteri ESDM, Tenaga Kerja akan berangkat ke lokasi. Tapi permintaan dari Freeport di Tembagapura, sementara mereka ingin fokus, konsentrasi untuk jalankan tugas. Dan memohon kepada Jakarta agar kehadiran pejabat dari Jakarta menunggu beberapa saat sampai situasinya tepat," kata SBY di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/5).

Luar biasa, menolak permintaan presiden saja Freeport berani.

Kalau Soekarno melihat kekayaan alam dikeruk luar biasa, pejabat Indonesia dilecehkan oleh Amerika Serikat dan kapitalisme mengoyak Papua, pasti Soekarno akan menangis.
Sumber: Merdeka.com

Ritual sufi di sumur bersejarah Senegal

Orang-orang menyaksikan upacara tradisional di sumur tua di desa Ndande, Senegal, 19 Mei 2013. Setiap tahun penduduk desa ini melakukan upacara Islam sufi bernama Gamou-Ndande yang terdiri dari malam-malam berdoa dan salawat serta upacara animisme tradisional. Sumur bernama Kalom ini adalah situs bersejarah dalam sejarah Senegal. Menurut sejarawan setempat, Baye Niass, sumur ini berasal dari abad 16. Kini tak ada lagi air di sana dan sumur digunakan untuk acara-acara tradisional. Dalamnya sumur tersebut sekitar 36 meter dan diameter 11 meter.

 People watch a traditional ceremony taking place in a large former well in the village of NdandePeople watch a man descend into a large former well during a traditional ceremony in the village of NdandeA man ascends by bungee cords from a large former well during a traditional ceremony in the village of NdandeA man ascends by bungee cords from a large former well during a traditional ceremony in the village of NdandeA child walks on a path in the village of NdandeA child walks on a path in the village of NdandeCoumba Faye fixes her headscarf in her house in the village of NdandeBineta Ndiaye looks at herself in the mirror as her friend Coumba Faye fixes her hair in FayeAminata Diop poses for a picture in her house in the village of NdandePeople from the Mouride sect of Sufi Islam attend a prayer session in the village of NdandePeople from the Mouride sect of Sufi Islam chant prayers in the village of NdandeFaye sits on a couch in his house in the village of NdandeA colonial-era train station in disuse is seen in the village of NdandeA convenience store housed in a colonial-era building is seen in the village of NdandeA boy rides a horse in front of a colonial-era train station in disuse in the village of Ndande