Selamat datang di DKM AL FATAH-ONLINE Sadeng Kaum Blogger - Welcome to DKM AL FATAH - ONLINE Sadeng Kaum Blogger .... Kirim Artikel Anda yang bernuansa Islami, kritik dan saran Anda ke email : dkmalfatah.online@gmail.com kami akan muat ... !!!!
DKM AL FATAH ONLINE SADENG KAUM: Cara Mandi

LISTEN TO ALQUR'AN ONLINE

Listen to Quran

Jumat, 20 Mei 2011

Cara Mandi

Cara mandi adl seseorang hendaknya membaca basmalah dgn niat menghilangkan hadas besar dgn mandi lalu membersihkan kedua telapak tangan tiga kali membersihkan apa yg ada di kemaluan dan kotoran yg ada di sekitarnya berwudu kecuali kedua kaki krn dalam hal ini diperbolehkan menundanya hingga selesai mandi memasukkan tangan ke air kemudian menyela-nyela rambut hingga ke akar-akarnya kemudian membasuh kepalanya dgn tiga kali siraman air menyiramkan air ke seluruh tubuh diawali dgn bagian yg kanan dari atas ke bawah lalu tubuh bagian kiri memperhatikan tempat-tempat yg sulit terjangkau air seperti pusar ketiak dua lutut dan yg lainnya. Aisyah r.a. berkata Jika Rasulullah saw.

mandi janabat beliau membersihkan kedua tangannya sebelum memasukkannya ke dalam air kemudian membersihkan kemaluannya berwudu seperti wudu utk salat membasahi rambutnya dgn air menyiram kepalanya dgn tiga siraman dan menyiramkan air ke seluruh tubuhnya.

Cara tersebut adl utk laki-laki. Sedangkan utk perempuan ia cukup menyiramkan air di kepalanya tiga kali dan menggosok badannya dan tidak perlu membuka gulungan rambutnya. Ummu Salamah berkata Wahai Rasulullah sesungguhnya aku adl wanita dgn gulungan rambut tebal apakah aku harus membukanya ketika mandi janabat? Rasulullah saw. menjawab Tidak usah engkau cukup menyiramkan air tiga kali di kepalamu. .

Hal-Hal yg Tidak Boleh Dilakukan oleh Orang yg Sedang Junub Orang yg sedang junub tidak diperbolehkan melakukan hal-hal berikut.

Membaca Alquran kecuali istiazah dan yg lainnya. Hal ini berdasarkan dalil-dalil berikut. Rasulullah saw.

bersabda Wanita yg sedang haid dan orang yg sedang junub tidak boleh membaca apa pun dari Alquran. . Ali r.a.

berkata Rasulullah saw. membaca Alquran dalam tiap keadaan kecuali ketika ia sedang junub. .

Memasuki masjid kecuali hanya melewatinya saja jika mendesak . Allah berfirman sedang kamu dalam keadaan junub kecuali sekedar lewat saja. .

Mengerjakan salat wajib atau salat sunah. Allah berfirman Hai orang-orang yg beriman janganlah kalian salat sedang kalian dalam keadaan mabuk sehingga kalian tidak mengerti apa yg kalian ucapkan sedang kamu dalam keadaan junub kecuali sekedar lewat saja hingga kalian mandi. .

Menyentuh Alquran meskipun dgn menggunakan kayu atau yg lainnya. Allah berfirman Sesungguhnya Alquran ini adl bacaan yg sangat mulia. Di kitab yg terpelihara. Tidak menyentuhnya kecuali hamba-hamba yg disucikan. . Rasulullah saw. bersabda Janganlah engkau menyentuh Alquran kecuali engaku dalam keadaan suci. {HR Daru Quthni}.

Sumber Minhajul Muslim Abu Bakar Jabir al-Jazairi

sumber file al_islam.chm
IMG0132B.jpg
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Cara Mandi. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: