Rabu, 29 Februari 2012

Inilah Pentingnya Pintu Dalam Islam


REPUBLIKA.CO.ID, Pintu memegang peranan penting dalam Islam. Hal ini dikarenakan, Islam sangat menghormati privasi. Sebuah pintu menandakan ruangan tersebut dikhususkan pada orang-orang tertentu, misalnya keluarga.
Dikutip dari saudiaramcoworld.com, pintu menegaskan adanya batas. Batas ini penting dalam keseharian umat Islam. Sebuah batas mengindikasikan adanya aturan sejauh mana seseorang bisa memasuki suatu lingkup.
Pintu juga menandakan adanya zona transisi. Hal ini bisa dilihat pada pintu rumah. Pintu rumah menandakan adanya perpindahan dari suatu komunitas seperti kota dan desa, ke ruang yang bersifat lebih sempit dan privasi seperti rumah.
Selain itu, pintu juga merupakan bentuk dan ekspresi artistik pemilik rumah. Warna terang dan plot yang tegas pada pintu depan menekankan jalan masuk ke dunia privasi keluarga. Pintu ini menyediakan kesempatan bagi orang di luar untuk melihat sekilas kekayaan yang ada di belakang elemen pintu.
Desain pintu bisa bermacam-macam. Namun, bentuk ornamen berfigur manusia tetap tak digunakan oleh para arsitektur muslim. Mereka cenderung memilih hiasan abstrak. Hiasan ini bisa tersusun atas pola geometri atau wujud benda di alam. Hal ini sekaligus menunjukkan, hasil kerja para arsitektur muslim tidak pernah jauh dari apa yang diciptakan-Nya.
Hasilnya, lahirlah bentuk-bentuk fantastis yang tidak terfikirkan. Hiasan ini sekaligus memberi makna lebih dalam pada gambar, bentuk, dan objek yang ada di alam.

Tidak ada komentar: