Selasa, 19 Maret 2013

Bolehkah Membakar Sobekan Al-Qur’an ?

Pak Ustad mau tanya nieh, apa boleh kita membakar sobekan al-Qur’an dengan tujuan menjaga keagungan Qur’an itu ? Atas jawaban pak ustad saya ucapkan terimakasih.

Hukum Membakar Sobekan al-Qur’an


bakar1 Bolehkah Membakar Sobekan Al Quran ?Banyak kita temui sobekan- sobekan al-Qur’an tercecer disana sini. Bahkan tidak jarang kita temui di pasar-pasar lembaran sobekan al-Qur’an dipakai untuk membungkus sayuran maupun buah-buahan. Perbuatan menyia-nyiakan sobekan al-Qur’an seperti  itu tidak akan terjadi kecuali dari golongan orang-orang fasiq yang tidak mengetahui keagungan dan kemulyaan surah-surah maupun ayat-ayat al-Qur’an yag diturunkan Allah SWT.Maka apabila anda menemukan sobekan al-Qur’an seperti kasus diatas, segera kumpulkan dan simpan ditempat yang mulya. Jika anda khawatir tidak dapat menjaganya maka diperbolehkan untuk membakarnya dengan tujuan untuk menjaga kemulyaan al-Qur’an.
Diterangkan dalam kitab Syarwani juz I hal.155 bahwa diperbolehkan untuk membakar sobekan maupun lembaran-lembaran al-Qur’an tersebut dengan tujuan untuk menjaga kemulyaan al-Qur’an. Bahkan hukumnya menjadi wajib ketika tidak ditemukan lagi cara lain, selain dengan cara membakar sobekan al-Qur’an tersebut.

Tidak ada komentar: