Selamat datang di DKM AL FATAH-ONLINE Sadeng Kaum Blogger - Welcome to DKM AL FATAH - ONLINE Sadeng Kaum Blogger .... Kirim Artikel Anda yang bernuansa Islami, kritik dan saran Anda ke email : dkmalfatah.online@gmail.com kami akan muat ... !!!!
DKM AL FATAH ONLINE SADENG KAUM: Meraih Kesempurnaan Shalat

LISTEN TO ALQUR'AN ONLINE

Listen to Quran

Rabu, 01 Agustus 2012

Meraih Kesempurnaan Shalat



REPUBLIKA.CO.ID, Shalat merupakan ibadah utama seorang Muslim yang harus dilakukan dalam keadaan apa pun, bahkan dalam kondisi sakit atau tengah dicekam ketakutan (misalnya perang). Rasulullah SAW me negaskan agar kaum Muslimin melaksanakan shalat dengan mencontoh yang beliau lakukan.
Buku ini menuntun pembacanya untuk dapat melaksanakan shalat secara sempurna, sesuai contoh Rasulullah SAW, yang tentunya mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan secara perinci oleh Allah dan Rasul-Nya.

Buku ini terasa istimewa dibandingkan panduan shalat lainnya sebab ditulis oleh Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i (Imam Syafi’i)—pendiri Mazhab Syafi’i yang merupakan salah satu dari empat mazhab besar fikih di kalangan Ahlus Sunnah wal Jamaah.

Dia adalah seorang tabi’it tabi’in yang masa hidupnya tidak terlalu jauh dari masa Rasulullah SAW. Imam yang masih kerabat Rasulullah SAW (nasabnya dengan Nabi Muhammad SAW bertemu di garis kakek ketiga Rasulullah, yakni Abdul Manaf) mengamati langsung ulama dan warga Makkah dan Madinah saat shalat pada masa itu, juga hadis-hadis tentang shalat yang banyak beredar di kalangan ulama dua kota suci tersebut.

Melalui buku yang merupakan salah satu kitab dalam karya besar Imam Syafi’i berjudul Al-Umm ini, diuraikan tata cara shalat lengkap sesuai tuntunan Rasulullah SAW. Dimulai dengan pembahasan tentang dasar dan rakaat shalat fardhu, orang yang shalat, waktu shalat, menjamak shalat, dan shalat orang yang sakit. Kemudian, pembahasan tentang azan dan iqamat, pakaian orang yang shalat, tempat yang boleh dan tidak boleh digunakan untuk shalat, serta menghadap kiblat.

Salah satu pembahasan yang sangat penting adalah gerakan dan bacaan shalat dari niat sampai salam. Buku ini juga mengupas tentang sujud sahwi, sujud tilawah, sujud syukur, shalat witir, waktu-waktu yang dimakruhkan untuk shalat, shalat berjamaah, shalat orang musafir, dan shalat Jumat. Selain itu, shalat khauf, shalat Ied, shalat gerhana matahari, dan shalat istisqa (minta hujan).

Mayoritas umat Islam Indonesia adalah penganut Mazhab Syafi’i sehingga perlu sekali membaca buku tentang shalat yang ditulis langsung oleh pendiri mazhab tersebut. Namun, pada dasarnya buku ini penting dibaca oleh seluruh kaum Muslimin sebab seluruh pembahasan shalat yang dilakukan oleh Imam Syafi’i berlandaskan Alquran dan hadis Rasulullah SAW.

Judul Buku   : Panduan Shalat Lengkap
Penulis          : Imam Asy-Syafi’i
Penerbit       : Khatulistiwa Press
Cetakan       : I, Juni 2012
Tebal             : xxi+349 halaman
IMG0132B.jpg
Terimakasih, telah membaca artikel mengenai Meraih Kesempurnaan Shalat. Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk Anda. Mohon untuk memberikan 1+ pada , 1 Like pada Facebook, dan 1 Follow pada Twitter. Jika ada pertanyaan atau kritik dan saran silahkan tulis pada kotak komentar yang sudah disediakan.
Share Artikel

Tidak ada komentar: