Jumat, 10 Juni 2011

Berusahalah Untuk Memperbaiki Bacaan Al-Quran,

Berusahalah Untuk Memperbaiki Bacaan Al-Quran,

Lajnah Da'imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta
Pertanyaan.
Lajnah Da'imah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta ditanya: Saya asli orang Yaman, sudah sepuluh tahun menetap di Saudi. Kedua orang tua saya sudah meninggal dunia & saya senang sekali membaca Al-Qur'an Al-Karim, saya sering membacanya di masjid, namun pd ayat-ayat tertentu saya tdk bisa melafalkannya dg benar (fasih), dikarenakan saya tdk pernah duduk di bangku sekolah. Apakah bacaan Al-Qur'an Al-Karim yg saya lakukan dg seadanya, masih banyak salah dalam sebagian ayat menimbulkan dosa bagi saya? Saya mohon penjelasan.
Jawaban
Segala puji hanya milik Allah, shalawat & salam semoga tercurah kepada RasulNya beserta keluarga & shabatnya, wa ba'du
Berusahalah utk memperbaiki bacaanmu dg cara belajar kepada salah seorang ahli Al-Qur'an (Al-Qura) yg sudah mu'tabar (dianggap keberadaannya) & perbanyaklah membaca apa-apa yg telah engkau kuasai di masjid & di tempat lain. Bila engkau berusaha utk itu, maka pasti Allah memudahkan urusanmu. Dalam sebuah hadits shahih, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda.
"Artinya: Orang yg mahir (membaca) Al-Qur'an, dia bersama para malaikat yg mulia lagi jujur, & orang yg membacanya sambil terbata-bata serta mengalami kesulitan, maka dia mendapatkan dua pahala".
Wabillah at-taufiq wa shallallahu 'ala nabiyyina Muhammad wa aalihi wa shahbihi wa sallam.
(Disalin dari buku 70 Fatwa Fii Ihtiraamil Qur'an, edisi Indonesia 70 Fatwa Tentang Al-Qur'an, Penyusun Abu Anas Ali bin Husain Abu Luz, Penerbit Darul Haq)
___ Foote Note
. Bagian dari hadits riwayat Muslim & hadits Aisyah Radhiyallahu 'anha No. 244-(898), Kitab Shalah Al-Musafirin wa Qashruha, bab 38
Penulis: Lajnah Daimah Lil Buhuts Al-Ilmiah Wal Ifta & diterbitkan oleh almanhaj. or. id

Tidak ada komentar: